header-int

Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2022/2023

Senin, 07 Nov 2022, 14:20:22 WIB - 479 View
Share
Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2022/2023

SISTEM DAN METODE SELEKSI PENERIMAN MAHASISWA

1. Jalur Tes Potensi Akademik (TPA)

Jalur masuk AKS melalui Tes Potensi Akademik bagi lulusan SLTA (SMA/SMU/MA/SMK). TPA meliputi tes kemampuan logika, numerik, verbal. Peserta juga diwajibkan mengikuti tes wawancara dan mengumpulkan surat keterangan sehat & tidak butawarna dari dokter rumah sakit atau Puskesmas.

2. Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Jalur masuk AKS bagi lulusan SLTA (SMA/SMU/MA/SMK bidang kesehatan)dengan persyaratan rata-rata nilai rapor minimal 8,0 semester I-V dan rata-rata tiap semester minimal 7,5 atau menduduki sepuluh besar kelulusan di sekolah yang memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Pimpinan AKADEMI KESEHATAN SUMENEP. Diberlakukan pada semua program studi program reguler yang ada di AKADEMI KESEHATAN SUMENEP dan berlaku untuk setiap gelombang yang dibuka. Jalur PMDK dengan kemudahan tanpa tes potensi akademik dan harus tetap mengikuti tes wawancara dan mengumpulkan surat keterangan sehat & tidak buta warna dari dokter rumah sakit atau Puskesmas. Ketetapan penerimaan PMDK diumumkansecara bersamaan dengan jalur TPA.

3. Jalur Penelusuran Minat Bibit Unggul (PMBU)

Jalur penerimaan mahasiswa baru AKADEMI KESEHATAN SUMENEP bagi lulusan SLTA (SMA/SMU/MA/SMK) dengan persyaratan calon mahasiswa PMBU : memiliki prestasi non akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota baik secara kelompok maupun individu. Diberlakukan pada semua program studi program reguler yang ada di AKADEMI KESEHATAN SUMENEP dan berlaku untuk setiap gelombang yang dibuka. Jalur PMBU dengan kemudahan tanpa tes potensi akademik dan harus tetap mengikuti tes wawancara dan mengumpulkan surat keterangan sehat & tidak butawarna dari dokter rumah sakit atau Puskesmas. Ketetapan penerimaan PMBU diumumkan secara bersamaan dengan jalur TPA.

4. Jalur Undangan
Jalur penerimaan mahasiswa baru AKADEMI KESEHATAN SUMENEP ditujukan bagi siswa SLTA (SMA/SMU/MA/SMK) yang menerima surat undangan dinyatakan diterima sebagaimahasiswa baru dari AKADEMI KESEHATAN SUMENEP. Syarat jalur undangan adalah nilai rata- rata raport semester I-Vminimal 8,0 dan rata-rata tiap semester minimal 7,5 atau sepuluh besar di sekolahnya atau memiliki prestasi non akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota. Jalur Undangan dengan kemudahan tanpa tes potensi akademik dan harus tetap mengikuti tes wawancara dan mengumpulkan surat keterangan sehat & tidak buta warna dari dokter rumah sakit atau Puskesmas. Ketetapan penerimaan Jalur Undangan diumumkan secara bersamaan dengan jalur TPA.

5. Jalur Beasiswa Bidikmisi
Beasiswa Bidikmisi adalah bebas biaya studi (SPP tetap, SPP Variabel dan Sumbangan Pengembangan Tri Dharma PT) serta diberikan fasilitas tinggal di asrama AKS. AKS akan bekerjasama dengan Sekolah Menengah Atas untuk menyeleksi lulusan/siswa SLTA (SMA/SMU/MA/SMK) yang memiliki :
a. Prestasi akademik, yang ditunjukkan rata-rata nilai rapor semester 1-5 minimal 8,0 danrata-rata tiap semester minimal 7,5
b. Tidak mampu secara ekonomi (penghasilan orang tua maksimal Rp 1.000.000,00/bulan)
c. Jalur Beasiswa Bidikmis dengan mengikuti Tes Tulis dan harus tetap mengikuti tes wawancara dan mengumpulkan surat keterangan sehat & tidak buta warna dari dokter rumah sakit atau Puskesmas. Ketetapan penerimaan Jalur Beasiswa Unggulan diumumkan secara bersamaan dengan jalur TPA.

6. Kemitraan dengan institusi lahan praktik

adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Aanvullen dari institusi yang telah memiliki perjanjian kerjasama Praktik Klinik/Profesi. Jumlah mahasiswa asal institusi masing-masing akan disesuaikan berdasarkan Perjanjian Kerjasama. Fasilitas yang diberikan adalah hanya membayar biaya sumbangan pengembangan tri dharma perguruan tinggi wajib. Keringanan SPP tetap akan diatur sesuai kesepakatan dalam Perjanjian Kerjasama. Ketetapan penerimaan jalur Kemitraan diumumkan secara bersamaan dengan jalur TPA.

  •  Sistem dan Metode Penerimaan Mahasiswa Baru AKS melalui Jalur PMDK, PMBU, Unggulan, diberlakukan pada semua program studi program reguler yang ada di AKADEMI KESEHATAN SUMENEP dan berlaku untuk setiap periode yang dibuka
  •  Bagi pendaftar yang telah lulus diterima, saat heregistrasi harus mengumpulkan surat keterangan bebas narkoba dan NAPZA serta screening Hepatitis (tes HbSAg) dari Rumah Sakit

Video Terkait :